Membuka tabungan di BRI

Beberapa bulan lalu buku tabungan simpedes BRI saya hilang, sehigga cukup repot melakukan print saldo. Kehilangan buku tabungan tidak sama dengan kehilangan SIM atau KTP, dimana dalam mengganti KTP/ STNK hilang dibutuhkan surat keterangan dari kepolisian. Untuk mengganti tabungan di BRI tidak perlu demikian. Jika kita memiliki ATM, cukup kosongkan saldo tarik tunai via mesin ATM dan buat tabungan baru.
contoh atm simpedes bri

Syarat membuka tabungan baru di Bank BRI

  • Fotokopi KTP dan Aslinya
  • Membayar setoran pertama, minimal 100 ribu.

Cara/ mekanisme buka rekening di kantor Bank Rakyat Indonesia:

  • Datang ke kantor cabang cabang / pembantu terdekat
  • Tuju loket pembuatan tabungan
  • Serahkan KTP asli dan fotokopi-nya
  • Isi dan tandatangani formulir pendaftaran
  • Buku tabungan diterbikan petugas
  • Bayar setoran pertama di teller
  • Kebali ke loket penbuatan tabugan untuk mendapatkan ATM baru, confirmasi pin, pengaktifan layanan SMS Banking dan Internet Banking.
Banyak orang heran, mengapa tabungan simpedes BRI begitu diminati di kalangan pelaku bisnis kecil, walaupun mereka tinggal di perkotaan. Sederhana saja, saat ini tabungan dengan potongan kecil salah satunya adalah Simpedes BRI, selain itu saham BRI sepenuhnya milik Negara. Berbeda halnya dengan bank lain seperti BNI dimana bank-bank tersebut merupakan BUMN yang telah diprivatisasi, dimana sebagian sahamnya telah menjadi milik swasta pribadi atau bahkan investor asing.

Secara pribadi saya kurang setuju dengan privatisasi BUMN terutama BUMN perbandkan dan telekominikasi. Jika ada diantara mereka yang kurang sehat maka solusinya bukan dijual tapi disembuhkan, itulah guna dari kementrian BUMN. Kalau tidak ada gunanya bagus bubarin aja tu kementrian. Pemerintah kita dari dulu memang kacau, dikit-dikit jual BUMN, deficit anggaran dikit aja “swastanisasi BUMN”, mungkin kalau diijinkan undang-undang Negara beserta Warga Negara bakal dijual sama pemerintah, kacau…

Kembali ke topik, saat membuka tabungan di simpedes BRI KTP asli, domisili sama dengan Bank harus ada (untuk KTP non elektronik). Sedangkan untuk KTP elektronik bisa membuka tabungan baru di mana saja di seluruh Indonesia. KTP tidak dapat digantikan dengan SIM atau surat keterangan kehilangan dari kepolisian. Bagi nasabah yang sebelumnya pernah menabung di BRI maka akun internet bankingnya sama dengan akun sebelumnya, jika lupa password maka hubungi cs BRI pusat.

Pembuatan akun Internet Banking BRI bisa dilakukan di ATM, namun pengaktifannya harus di kantor BRI terdekat. Tidak dikenakan biaya tambahan untuk fasilitas Internet banking dan sms banking.

Kelebihan tabungan simpedes BRI.

ATM-nya (Anjungan Tunai Mandiri) banyak, ada hingga tingkat kecamatan.
Support pengiriman dari dan ke luar negeri, dengan proses cepat. Dalam hal ini saya pernah mentransfer dana paypal ke tabungan BRI.
Paling penting, potongannya bersahabat alias kecil, hehehe….
Termasuk produk tertua di BRI
Dll

Tips menggunakan fasilitas internet banking; aktifkan layanan transaksi online jika kita termasuk orang yang suka belanja atau berbisnis online, jika tabungan hanya berguna sebagai tempat penampungan uang dari proses menabung dan transaksi maka sebaiknya layanan transaksi online dinonaktifkan, cukup layanan cek saldo dan mutasi rekening saja.



Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

Tidak ada komentar: